Selasa, 28 Agustus 2012

Membuat Aplikasi Android tanpa belajar bahasa pemograman

Tak harus menjadi programer andal atau developer untuk bisa membuat aplikasi menarik buat ponsel pintar berbasis Android. Google telah menyediakan perangkat lunak yang membuat semua orang bisa merancang aplikasi sederhana dengan nama App Inventor.
“Perangkat lunak ini akan membantu, baik programer maupun yang bukan programer, profesional, dan mahasiswa untuk membuat aplikasi untuk Android,” demikian pernyataan resmi di blog Google, Senin (12/7/2010), yang ditulis oleh salah satu insinyurnya, Mark .
Dengan perangkat lunak ini, pembuat aplikasi tak usah melakukan pemrograman berbasis teks karena sudah disediakan blok-blok perintah yang bisa menjalankan fungsi tertentu. Pengguna tinggal menyusun blok-blok yang sudah diprogram tersebut layaknya menyusun Lego.
Jadi, pengguna Android pemula sekalipun dapat membuat aplikasi sendiri buat perangkat miliknya, termasuk aplikasi sederhana untuk kebutuhan pribadi.
“Anda dapat membuat aplikasi apa saja yang ada dalam pikiran Anda. Misalnya, Anda dapat membuat aplikasi untuk membantu mengingat di mana teman Anda memarkir mobilnya atau merancang aplikasi sendiri untuk tur sekolah, tempat kerja, atau museum. Perangkat lunak pembuat aplikasi ini disertai dengan sensor GPS sehingga Anda dapat membuat aplikasi yang dapat memberitahukan lokasi di mana Anda berada atau aplikasi untuk melacak di mana teman Anda berada,” tulis Google.
Perangkat lunak ini akan tersedia dalam beberapa minggu mendatang. Saat ini, perangkat lunak tersebut masih dalam pengetesan di laboratorium Android.

0 komentar:

Posting Komentar